Kembang Sri Samudera dan  Patrap Senopati Kotagede dalam Nuansa Satu Rasa dan Satu Asa

Event Internasional Village De La Gastronomie di Prancis yang telah dilaksanakan 1-4 September 2022 berjalan dengan lancar dan secara khusus diikuti oleh Kembang Sri Samudera. Acara tersebut mendapat dukungan penuh serta sambutan yang hangat dan meriah dari Patrap Senopati Kotagede.

Jamuan resmi yang dilaksanakan di Tugu Kunstkring, Menteng, Jakarta Pusat  pada tanggal 19 September 2022 oleh Kembang Sri Samudera dan Patrap Senopati Kotagede, menjadi sarana perekat untuk keduanya saling bekerja sama dalam memajukan dan mempromosikan seni dan budaya Indonesia khususnya Warisan Budaya Leluhur Bangsa dikancah Internasional.

Hal ini disampaikan oleh ibu Lembayung Kencana sebagai CEO Kembang Sri Samudera bahwa ini menjadi hal yang luar biasa untuk kami bisa saling bersinergi dalam mempromosikan warisan budaya leluhur dikancah Internasional , dukungan penuh dari Patrap Senopati Kotagede sebagai Paguyuban Trah Panembahan Senopati menjadi angin yang segar untuk terus bertumbuh bersama.

Ketua Umum Patrap Senopati Kotagede yaitu Dr. KRT. Nur Suhascaryo juga menyampaikan rasa terima kasih dan rasa bangga kepada Korwil Mancanegara Ibu R.Ngt. Hendri Widya Liring Kenya dan  Kembang Sri Samudera yang telah turut berperan serta dalam merawat tradisi warisan leluhur Bangsa Indonesia untuk diperkenalkan di kancah Internasional, dalam hal ini turut memeriahkan acara Village De La Gastronomie di Prancis dengan memperkenalkan seni, budaya, kuliner dan tempat-tempat indah di Indonesia secara semarak dan Indonesia menjadi stand yang paling ramai diantara negara yang lain.

Dalam kesempatan ini,  Korwil Mancanegara Ibu Widya juga menuturkan bahwa Patrap Senopati Kotagede akan terus berkolaborasi dengan Kembang Sri Samudera untuk menggaungkan nama leluhur  kita agar generasi kita tidak melupakan budaya leluhurnya sebagaimana dalam perjuangan leluhur dalam menyatukan Nusantara ini.

Pada acara jamuan resmi tersebut, turut dihadiri oleh Pembina Patrap Dr. R. Tatto Sutamto, Pengurus Pusat Patrap Senopati oleh R.Guruh Tolowijo, R.Ngt. Natalia Isti, R. Teuku Hetyanto, R. Marsudiyana, R.Djaja Marsetyoadi, R. Ngt. Erina Dewi dan  Koordinator Wilayah Majapahit R.Ngt. Woro Mardiana Linda serta Wakil Korwil Gowa Andi Muh.Nasrum Syam. Dari Kembang Sri Samudera dihadiri oleh Ibu Ayu Dyah Widyahening, ibu Indah Warsetio dan Mbak Putri.

Dalam jamuan tersebut juga di tampilkan keindahan Tarian Gatutkaca Gandrung yang dibawakan oleh Bapak Marsudiyana dengan apik dan memukau para tamu undangan. Arti dalam tarian tersebut adalah kegigihan, kedisplinan, dan ketegasan sosok Gatutkaca juga mempunyai rasa welas asih, lemah lembut serta romantis dalam menyikapi tanggung jawab pribadi (kehidupan pribadi) dan tanggung jawab kepada amanah tugas yang diemban. Hal ini selaras dengan bagaimana kita dalam menyeimbangkan antara kehidupan pribadi dan bersosial.

Patrap Senopati Kotagede dan Kembang Sri Samudera dengan jalinan kerjasama ini kedepannya akan ada event ” Jelajah Leluhur Nusantara ” yang akan diawali agenda di Yogyakarta pada Bulan November 2022. Tentu ini menjadi value yang menarik dalam melestarikan warisan leluhur Nusantara untuk terus berkiprah di Kancah Nasional dan Internasional.

Salam Rahayu,