Buku : Sendi-Sendi Revolusi: Refleksi atas Isu-isu Kebangsaan

Indonesia adalah sebuah negeri yang dianugerahi Tuhan dengan segala hal yang memungkinkannya untuk tumbuh mekar menjadi bangsa yang besar dalam sejarah peradaban umat manusia di muka bumi.

Negeri Indonesia memiliki 17.508 pulau dan merupakan negeri kepulauan terbesar di dunia. Namun kekayaan semua itu tidak bisa dimanfaatkan dengan baik oleh bangsa sendiri.

Negara ini sepertinya sedang terjerat ke dalam berbagai persoalan yang membuatnya tak kunjung tumbuh sempurna sebagai negara-bangsa yang besar. Kekayaan alamnya tak membuat rakyat negeri ini menjadi makmur sejahtera di negerinya sendiri.

Malah banyak dari rakyat Indonesia yang untuk mendapatkan hidup yang lebih sejahtera, terpaksa harus bekerja di negeri asing sebagai kuli dan pembantu.

Kesuburan tanahnya tak membuat negeri ini berlimpah hasil pertanian, perkebunan, dan kehutanan sehingga mampu swasembada di bidang pangan, sandang dan papan. Malah yang terjadi impor rutin terhadap berbagai bahan pangan, sandang dan papan.

Luasnya lautan dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya juga tak menjadikan rakyat negeri ini berlimpah hasil laut, dan sering terjadi nelayan-nelayan Indonesia mencari ikan perairan yang jauh hingga mendekati negeri tetangga.

Sementara kapal-kapal penangkap ikan asing malah justru menjarah hasil laut kita dan menjadi makmur karenanya.

Jeratan-jeratan yang membelenggu negeri ini harus segera diputus agar tidak ada lagi anak yang putus sekolah karena tidak mampu membayar, agar nelayan kita bisa berjaya di lautan sendiri, agar petani menjadi profesi yang menguntungkan dan tidak ditinggalkan oleh anak mudanya.

Oleh sebab itu, dibutuhkan jalan keluar, dan salah satu yang kami tawarkan adalah melalui jalan revolusi sistemik, dari revolusi karakter bangsa sampai dengan kepemimpinan revolusioner seperti yang dicontohkan oleh Bung Karno.

Buku ini banyak menjelaskan dinamika isu-isu yang tak kunjung usai dihadapi bangsa ini disertai usulan-usulan penanggulangannya. Lalu, apa saja persoalan-persoalan tersebut? dan langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mewujudkan bangsa ini dapat berdikari, adil dan damai? Selamat Membaca!

Selengkapanya https://dialektika.or.id/publikasi/sendi-sendi-revolusi-refleksi-atas-isu-isu-kebangsaan/

Deskripsi Buku

Judul : SENDI-SENDI REVOLUSI: Refleksi atas Isu-isu Kebangsaan,

Penulis: Yasin Mohammad, Islahuddin, Eko Prasetyo (alm) 

Editor: Muhammad Khutub

Setting Layout & Desain Cover: Abdul Aziz

Halaman : 244 hlm, 14,8×21 cm

Cetakan : Pertama, Oktober 2022

Diterbitkan oleh: LEMBAGA KAJIAN DIALEKTIKA (ANGGOTA IKAPI) Jl. Villa Dago Raya No. A257 Telp. (021) 7477 4588 Tangerang Selatan 15415, email. [email protected], web: www.dialektika.or.id