Cerita Korban Gempa Cianjur Pedalaman yang Tak Tersentuh Bantuan

Ada korban yang kakinya lumpuh, ada nenek-nenek tua (lansia), ibu rumah tangga, ada juga seorang ibu muda menggendong bayinya usia sekitar satu bulan. Mereka semua tiba-tiba menghampiri dan meminta bantuan kepada kami.

“Pak tolong bantu kami pak”. Ungkap warga dengan wajah memelas meminta bantuan kepada kami Tim Relawan Klik Zakat Yayasan Berkah.

Kami terdiam dan tidak bisa menjawab permintaan mereka.

Karena keterbatasan jumlah bantuan yang didistribusikan Klik Zakat – Yayasan Berkah juga titik lokasi sudah ditetapkan

Mereka mengutarakan pertanyaan kepada kami “Kenapa yang dibantu hanya di wilayah yang dekat-dekat jalan besar, mengapa kami yang di pedalaman tidak dibantu”. Keluh seorang warga yang sedang mengungsi akibat gempa Cianjur.

Kami Kembali terdiam, dan tidak bisa menjawab pertenyaan mereka.

Inilah yang kami temui Bersama Relawan Klik Zakat – Yayasan Berkah di salah satu Desa terdampak parah di Kecamatan Cugenang akibat Gempa Cianjur.

Ya, pada Kamis (15/12/2022) Tim Relawan Klik Zakat-Yayasan Berkah menyalurkan bantuan kepada korban Gempa Cianjur.

Para korban terlihat bahagia dari raut wajah mereka usia menerima bantuanberupa paket sembako dan peralatan kebutuhan mengungsi.

Usai menerima bantuan, salah satu warga isu-ibu separuh baya mengungkapkan permintaannya agar mengoptimalkan warga pedalaman dalam pendistribusian bantuan mengingat mereka kurang tersnetuh bantuan.

Apalagi pemerintah sering memberikan bantuan dengan tiitk lokasi di wilayah yang aksesnya berdekatan dengan kota. Ujar salah satu warga bercerita kepada kami para relawan.

Bagi anda yang hendak ikut membantu korban gempa Cianjur dapat melalui klikdonasi.id atau klikzakat.com atau melalui link dibawah ini.

Perjalanan Menuju Lokasi

Hari Selasa (13/12/2022) tim relawan Klik Zakat-Yayasan Berkah yang berkantor di Pamulang Tangerang Selatan berangkat menuju lokasi korban gempa Cianjur di pagi hari.

Untuk menghemat waktu dan efisiensi biaya transportasi, tim relawan Klik Zakat – Yayasan Berkah menggunakan transportasi umum yaitu Kereta Api Commuter Line atau KRL dari stasiun Sudimaramenuju arah stasiun Tanah Abang dan dilanjutkan ke arah stasiun Bogor.

Sesampainya di stasiun Bogor, perjalanan dilanjutkan menuju terminal dan kemudian dilanjutkan dengan angkutan umum L-300 jurusan Bogor – Cianjur.

Sesampainya di Cianjur, kami kemudian naik ojek online ke lokasi tempat singgah sebelum mendistribusikan bantuan yaitu di Ponpes Al Fassalam. Untuk sampai ke Pon Pes perjalanan ditempuh sekitar 35 menit dari tempat lokasi kami turun L-300 di sekitar Kawasan pasar kota kabupten Cianjur.

Tak lama kemudian kami sampai di Ponpes. Kami disambut hangat oleh keluarga besar Ponpes Alfassalam, Ciranjang-Cianjur.

Usai ramah tamah kami langsung melakukan kordinasi dalam rangka persiapan penyaluran bantuan ke korban gempa Cianjur, kami berkordinasi dengan salah satu satu ustad pesantren Alfassalam yaitu ustad Irvan Maulana.

Ustad Irvan Maulana memberikan banyak informais tentang kebutuhan para korban gempa Cianjur. Ustad Irvan Maulana mneyampaikan kebutuhan korban diantaranya seperti selimut, pakaian bayi, kebutuhan ibu hamil, kebutuhan balita dan anak seperti popok, susu anak, selimut dan karpet.

Usai berkordinasi obrolan dengan ustad Irvan dilanjtkan dengan pembicaraan seputar kegiatan pesantren seperti mengaji, sekolah dll.

Para Kyai, Ustad, dan santri Ponpes Alfassalam alhamdulillh direncanakan nantinya akan membantu tim relawan Klik Zakat Yayasan Berkah untuk seluruh proses dalam memberikan dan penyaluran bantuan donasi untuk korban gempa Cianjur.

Menghubungi Korban

Usai berkordinasi, kami kemudian bersilaturahmi ke pimpinan pon pes Alfassalam. Usai berbincang tentang kegiatan dan perkembangan pesantren. Kami mendapatkan masukan dan saran dari beliau tentang apa yang menjadi kebutuhan para korban.

“Kebutuhan warga untuk makanan, kalua bisa jangan dalam bentuk mie instan karena sudah banyak, lebih dioptimalkan ke kebutuhan sayuran obat-obatan.” Saran Pimpinan Ponpes Alfussalam kepada kami.

Usai memberikan saran, Pimpinan Ponpes bahkan langsung menghubungi koraban di depan kami. Pak Kyai menanyakan kebutuhan mereka (para korban).

Melalui sambungan telepon WA, warga korban menyampaikan kebutuhan mereka, dimana saat itu langsung kami dengarkan. Mereka menyampaikan kebutuhan diantaranya untuk peralatan sehari-hari bayi dan anak dan juga ibu-ibu seperti pampers, pembalut, susu, dan makanan.

Distribusi ke Pedalaman

Paginya (14/12/2022) kami dibantu oleh ustad dan santri-santri Ponpes melakukan kordinasi untuk sewa kendaraan. Kendaraan untuk dipakai belanja kebutuhan barang untuk didonasikan ke korban.

Usai mendapatkan sewa mobil, kemudian kami berangkat menuju pasar di Cianjur. Membelanjakan bahan pokok, buah-buahan, alat-alat pengungsian, obat-obatan, sayur mayur, tahu tempe, dan sebagainya sesuai dalam list kebutuhan para korban gempa Cianjur.

Sorenya kami kembali ke ponpes kemudian bersama ustad dan para santri kami dibantu membungkus dan mengemas barang-barang yang akan kami distribusikan. Kira-kira hingga larut malam sekitar jam 23.00 WIB.

Selanjutnya, tepat pada hari kamis (15/12/2022) 2022 kami di bantu oleh pimpinan Ponpes Alfassalam beserta kepala sekolah SMP IT Alfassalam Ust. Irvan Maulana, S.Pd melakukan persiapan menuju lokasi titik yang akan diberikan donasi.

Seluruh barang-barang kami masukkan ke dalam mobil pickup, usai semua barang masuk dalam mobil. Perjalanan menggunakan kendaraan mobil pickup kami mulai. Sementara dari pahak pesatren membawa mobil yang juga diisi bantuan dari ponpes yang akan dislaurkan bersamaan dengan tim relawan Klik Zakat – Yayasan Berkah.

Perjalnan kami menuju lokasi cukup lancar, dipenuhi dengan pemandangan indah Cianjur.

Tak lama berselang dalam perjalanan menuju lokasi kami mulai melihat pemandangan kanan kiri banyak rumah roboh, ruko-ruko tutup dan hancur,  disebelahnya berdiri banyak tenda-tenda pengungsian.

Tenda-tenda terlihat dipenuhi pengungsi, meski terlihat ada banyak rumah berdiri kokoh. Namun kata supir kami warga masih trauma gempa dan takut gempa suuslan sehingga memeilih tidur di tenda pengungsian. Dan faktanya gempa susulan masih terus terjadi di Cianjur.

Ada salah satu desa, kondisinya sangat parah. Beberapa toko roboh, rumah hancur, rata dengan tanah.

Satu jam kemudian kami sampai di lokasi titik penyaluran.

Kami disambut warga, sejak awal kami telah mengantongi nama-nama calon penerima bantuan.

Kemudian kami langsung  membagikan donasi bantuan gempa di beberapa titik, salah satunya kecamatan Cugenang yang mana kecamatan ini merupakan lokasi yang terkena dampak terparah sehingga banyak korban yang mengalami luka-luka bahkan sampai meninggal dunia.

Beberapa rumah rusak hingga roboh sesaat gempa magnitude 5,6 itu terjadi pada senin (21/11/2022).

Kami menyalurkan donasi bantuan tersebut berupa paket sembako dan perlengkapan tidur (karpet dan selimut),warga sangat membutuhkan bantuan berupa bahan pokok makanan (sembako), sayur mayur dan buah-buahan.

Beberapa penerima bantuan dari warga kecamatan Cugenang merupakan ibu-ibu hamil yang membutuhkan perlengkapan bayi guna untuk persiapan kelahiran si buah hati nantinya.

Usai penyalurkan dititik pertama perjalanan kemudian kami lanjutkan ke titik lokasi kedua yaitu di kampung Cipaku, kelurahan Sukawangi Kec.Warungkondang.

Ketika rombongan relawan Klik Zakat – Yayasan Berkah tiba di lokasi, warga sangat antusias dan begitu bahagia bahkan ada yang terharu karena ada bantuan datang.

Pada saat penyaluran dalam perjalan kami sempat masuk ke gang kampung, sehingga mobil berjalan lambat kemudian kami bertemu warga yang sedang berkumpul. Mereka menanyakan, “pak kenapa disini kok ngga dibantu?.”  Sambil memelas minta bantuan.

Kami terdiam, mengingat bantuan kami sangat terbatas, dan kita sudah menetapkan titik loaksi bantuan.

Dalam hati, tentu kami sedih dan kaaihan karena tidak bisa membantu mereka. Padahal mereka terlihat sangat berharap.

Sampai diloaksi kami sempat menemui pak RT dan berkordinasi memohon data yang akan kita berikan bantuan.

Pak RT memberikan datanya dan kemudian kami memberikan donasi beberapa paket ke warga korban gempa.

Dilokasi pemberian bantuan, ada korban kakinya lumpuh, ada nenek tua, mereka para korban bahagia menerima bantuan dan sangat berharap bantuan.

Untuk keperluan dokumentasi kami sempat melakukan foto bersama, warga Bahagia dan menyampaikan terimakaish kepada Yayasan Berkah yang telah menyalurkan donasi bantuan cianjur ke warga.

Usai menyalurkan kemudina kami melakukan perjalnana pulang.

Di tengah perjalan kami Kembali meliat kanan kiri tanah longsor dan aksesnya jalan berliku dan menanjak. Perjalanan kami sempat terganggu karena beberapa jalan ditutup akibat longsor, sebelum kemudian kami Kembali ke jalan utama.